Kecelakan

Kastara.ID, Jakarta – Kapolres Purwakarta AKBP Matrius mengatakan, telah terjadi kecelakaan beruntun di ruas tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi) kilometer 91+400. Kecelakaan yang terjadi pada Senin (2/9) sekitar pukul 13.00 WIB ini melibatkan 15 kendaraan berbagai jenis. Enam kendaraan di antaranya bahkan sempat terbakar. Sedangkan sisanya mengalami kerusakan.

Matrius menyebutkan, akibat kecelakaan ini sembilan orang meninggal dunia. Saat ini petugas sedang melakukan evakuasi para korban. Selain korban meninggal, petugas juga mencatat delapan orang mengalami luka-luka dan saat ini sedang dibawa ke rumah sakit.

Humas Tol Purbaleunyi Nandang Elan mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan penyebab kencelakaan beruntun tersebut. Para saksi di lokasi kejadian mengatakan benturan terjadi sangat keras. Beberapa kendaraan bahkan sampai terpental keluar jalan tol.

Sementara itu akibat kecelakaan ini petugas terpaksa melakukan rekayasa lalu lintas. Petugas melakukan sistem contra flow mulai dari kilometer 90. Pengalihan arus juga dilakukan pada kilomter 116 arah Jakarta dan keluar melalui pintu tol Kemuning.

Petugas juga menyediakan dua alternatif jalur menuju Jakarta. Kendaraan disarankan keluar di kilometer 101 menuju Puncak dan selanjutnya terus ke Jakarta. Pengguna jalan juga bisa lewat jalan arteri arah lembang dan selanjutnya melalui Tol Cipali menuju Jakarta. (rya)