Sepeda

Kastara.ID, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk bersepeda dari pendopo Balaikota Jakarta, Jakarta Pusat, hingga kawasan Jalan Gajah Mada, Kelurahan Krukut, Taman Sari, Jakarta Barat.

Anies mengungkapkan, komitmen Pemprov DKI Jakarta untuk turut serta mendorong alat transportasi bebas emisi, salah satunya sepeda, sebagai sarana yang bisa digunakan dengan kostum apa saja, termasuk batik.

“Kita hari ini bersama dengan Sekda DKI dan Kepala SKPD, baik dari Dinas, Biro, dan Badan pemerintahan, bersepeda dengan berbatik,” ujar Anies, di Gajah Mada Foodstreet, Kelurahan Krukut, Taman Sari, Jakarta Barat, Rabu (2/10), dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Menurutnya, cara merayakan Hari Batik dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya bersepeda dengan berpakaian batik. Ke depan, Gubernur Anies berharap penggunaan sepeda dapat dipadupadankan dengan berbagai kostum, termasuk membiasakan diri berbangga menggunakan batik.

“Biasanya bersepeda harus menggunakan baju, kacamata, dan sepatu khusus, namun dengan kostum apapun kita bisa bersepeda,” ungkapnya.

Anies menjelaskan, perjalanannya dari Balai Kota DKI menempuh jarak 3,6 kilometer hingga Jalan Gajah Mada memakan waktu 30 menit. Perjalanan tersebut ditempuh dengan santai bersama sejumlah pejabat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Kita bersepeda dengan santai, tidak ngebut. Kita berharap banyak yang menggunakan sepeda untuk berkegiatan sehari-hari,” tandasnya.

Untuk diketahui, turut serta bersama Anies dalam kegiatan bersepada tersebut di antaranya, Asisten Pemerintahan Sekdaprov DKI Jakarta Artal Reswan, Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekdaprov DKI Jakarta Yusmada Faizal, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Kehumasan, Atika Nur Rahmania, Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Arifin, serta Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta Suzi Marsitawati. (hop)