Kali Cipinang

Kastara.ID, Jakarta – Wakil Wali Kota Jakarta Timur Hendra Hidayat melakukan tinjauan ke Kali Cipinang, di Komplek Polri Ciracas, Senin (2/11).

Tinjauan tersebut diikuti Wakil Camat Ciracas Rudy Syahrul, Lurah Rambutan Ikhwan Muhammad  Ali, Kasi Pemeliharaan Sudin SDA Jakarta Timur Puryanto, dan sejumlah pejabat lainnya.

Kegiatan ini dilakukan untuk mengecek kondisi kali yang dianggap berpotensi memicu terjadinya genangan.

“Tinjauan dilakukan untuk mencari sumber genangan,” ujar Hendra Hidayat, Wakil Wali Kota Jakarta Timur, Senin (2/11).

Ia menjelaskan, pihaknya mengecek kondisi kali dan turap kali yang ada di Jalan Toga Asri 4 RT 04/05 Komplek Polri, Kelurahan Rambutan, Ciracas.

“Hasilnya, kami akan mengeruk Kali Cipinang dan berkoordinasi dengan Polda Metro dan pemerintah pusat sebagai pemilik lahannya jika ingin membuat embung di area itu,” jelasnya.

Sementara Kasi Pemeliharaan, Sudin Sumber Daya Air Jakarta Timur, Puryanto menambahkan, untuk mengatasi genangan yang terjadi di sepanjang bantaran Kali Cipinang itu, pihaknya akan menguras kali tersebut dimulai dari hilirnya.

Setidaknya mulai nanti malam akan dikerahkan dua alat berat untuk melakukan pengurasan di kawasan Cipinang Besar Selatan, Jatinegara. Jika sudah selesai, akan diteruskan hingga ke bagian hulunya.

“Pengerukan kali ini akan terus dilakukan sampai ke hulunya, agar kali lebih dalam dan bisa menampung debit air yang maksimal,” tandasnya. (hop)