Bima Arya

Kastara.ID, Jakarta – Beredar dokumen hasil tes swab Habib Rizieq Shihab (HRS) di Bogor, Jawa Barat, yang menyatakan positif Covid-10. Pihak FPI menyatakan kalau dokumen itu palsu alias tidak benar.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan, terkait dokumen tersebut pihaknya belum mengetahui keasliannya. Ia juga mengungkapkan bahwa Dinas Kesehatan (Dinkes) Bogor telah melakukan pengecekan ke Satgas Covid-19 dan belum ada hasil tes swab yang dilaporkan pihak Habib Rizieq Shihab.

“Kita tidak bisa pastikan itu asli apa palsu. Dinkes (telah) cek data tersebut di all record, sistem informasi database Covid nasional. Dan tidak terdapat data itu (swab test Habib Rizieq Shihab),” jelas Bima Arya.

Bima Arya juga mengatakan, agar seluruh hasil tes swab dilaporkan. Karena bila tak ada laporan, satgas tidak akan bisa melakukan langkah untuk melakukan penelusuran.

“Seharusnya semua hasil swab dilaporkan oleh lab atau RS (rumah sakit) ke aplikasi all record. Kalau tidak melaporkan, tidak bisa terdeteksi oleh satgas Covid-19,” jelas Bima Arya. (ant)

By Redaksi