Guru Berprestasi

Kastara.id, Surabaya – Dipercaya menyandang gelar Guru Berprestasi Tingkat Kabupaten Sumenep tahun 2017, Ali Harsojo, M.Pd kini mempersiapkan diri menjadi duta Sumenep mengikuti seleksi guru berprestasi tingkat Jawa Timur 2018.

Ali Harsojo mengaku, prestasi yang diraihnya tidaklah serta merta diterima begitu saja. Namun, prosesnya cukup panjang dan penuh perjuangan. Karena di samping harus memiliki banyak prestasi di bidang akademik, juga harus mampu mempresentasikan seluruh makalah yang dibuat di portofolio, apakah benar-benar murni hasil karyanya.

“Syukurlah, saya lolos sebagai guru berprestasi yang diawali dengan seleksi di tingkat Kecamatan Kota Sumenep hingga akhirnya terpilih sebagai Juara I di tingkat Kabupaten Sumenep,” ungkapnya.

Dikatakan, prestasi yang diraihnya merupakan amanah sekaligus motivasi untuk semakin berjuang lebih keras lagi dalam mempersembahkan kreativitas dan inovasi yang dilakukan di bidang akademik maupun prestasi lainnya.

Bahkan Ali, panggilan akrab pria 39 tahun ini, mengaku memiliki beberapa makalah ke-Pramuka-an, Jurnal, Diklat Kepramukaan, menulis opini, artikel, dan sejumlah kolom.

Ayah tujuh anak yang juga seorang Pelatih Pembina Pramuka di Pusdiklatcab Sumenep ini mencontohkan, bagaimana memenuhi 15 kriteria sebagai guru teladan, seperti pengalaman mengajar, penghargaan yang diraih, serta berbagai kegiatan Diklat dan forum yang diikutinya hingga tingkat nasional. Termasuk karya penelitian tindakan kelas serta karya tulis terinovasinya berjudul Samudera di Facebook tahun 2017.

“Setidaknya proses yang kami lakukan tidak semata untuk mengejar prestasi, namun yang terpenting adalah bisa berbagi dan bermanfaat bagi orang lain,” tambahnya. (nad)