Banjir

Kastara.ID, Jakarta – Hujan yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak 31 Desember 2019 dan menyebabkan banjir hingga saat ini telah menelan korban sedikitnya 30 orang meninggal dan 30 ribu jiwa harus mengungsi.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan korban jiwa mencapai 30 orang hingga Kamis malam pukul 21.00 WIB (2/1).

Korban meninggal terbanyak berada di Kabupaten Bogor berjumlah 11 orang, disusul Jakarta Timur sebanyak 7 orang, Kota Bekasi dan Depok masing-masing 3 orang, dan masing-masing 1 orang untuk Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Kabupaten Bekasi, Kota Bogor dan Kota Tangerang.

Sebanyak 17 orang meninggal karena terseret arus banjir. Sementara 5 orang tertimbun longsor, 5 orang tersengat listrik, dan 3 orang hipotermia.

Banjir juga mengakibatkan arus lalu lintas terganggu. Seperti yang terjadi di Tol Jakarta-Cikampek. Akibat banjir setinggi 20 cm menggenangi KM 24 Tol Jakarta-Cikampek, PT Jasa Marga terpaksa menutup sejumlah gerbang tol. Sejumlah jalur KRL juga tergenang air sehingga tidak bisa dilewati kereta. (ant)