Kelurahan Pondok Petir (Pontir)

Kastara.ID, Depok – Kelurahan Pondok Petir (Pontir), Kecamatan Bojongsari keluar sebagai juara kedua pada Lomba Kelurahan Layak Anak Tingkat Kota Depok Tahun 2021. Capaian tersebut berhasil diraih Pontir berkat lima program inovasi yang dimiliki oleh kelurahan tersebut.

Lurah Pontir, Suhendar mengatakan, program inovasi pertama ialah Mari Informasikan Cetak Akta Kelahiran Anak (Main Tik Tak). Program ini dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai pentingnya mencetak akta kelahiran anak.

“Dokumen ini merupakan tanda bukti sah mengenai Status dan Peristiwa Kelahiran seseorang,” ujarnya yang dimuat situs resmi Pemkot Depok, Senin (3/1).

Kedua, ucap dia, inovasi Perlindungan Ramah Anak Ciptakan Pelayanan dan Perlindungan (Permak Celana). Inovasi ini berfokus kepada lingkungan keluarga yang menggunakan pengasuhan alternatif.

“Inovasi ketiga ada Keluarga Bermutu Kurangi Stunting (Kartu Kuning) serta Pencegahan dan Penanggulangan Stunting Kelurahan Pontir (Pepes Kecipir). Untuk menekak kasus Stunting yang ada di wilayah Pontir,” katanya.

Suhendar melanjutkan, keempat adalah inovasi Pojok Tempat Belajar dan Ngariung Anak (Pot Bunga). Sedangkan kelima, inovasi Ketahanan Keluarga Tetap Prioritas Kami (Ketoprak).

“Saya berharap dengan adanya berbagai inovasi ini ke depannya anak-anak di sini bisa berkembang dengan baik menjadi generasi yang unggul,” tutupnya. (dha)