Rupiah

Kastara.ID, Jakarta – Mengawali perdagangan di awal tahun 2022, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Senin (3/1), dibuka menguat.

Pada pagi ini rupiah terlihat bergerak menguat 7 poin atau 0,05 persen ke posisi Rp14.256 per dolar AS ketimbang posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp 14.263 per dolar AS.

“Awal perdagangan tahun ini, ada penguatan tipis terhadap dolar AS. Tetapi, gerak keseluruhan terlihat masih dalam zona koreksi setelah mencapai level terkuatnya pada akhir tahun kemarin di Rp 14.220,” tutur analis Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX) Nikolas Prasetia kepada awak media, di Jakarta.

Nikolas kembali menjelaskan, terdapat beberapa hal yang perlu diwaspadai pada awal tahun ini. Antara lain varian Omicron yang sempat mencapai level tertingginya pada pekan lalu.

Sedangkan di Tanah Air kasus harian Covid-19 masih di sekitar 100-an kasus per hari. Namun kasus di DKI kembali mencetak penambahan kasus terbanyak dalam 1,5 bulan terakhir.

“Hal tersebut perlu diwaspadai untuk pergerakan rupiah pada awal pekan ini, di samping isu internasional seperti The Fed terkait kebijakan stimulus dan suku bunganya,” jelasnya.

Nikolas berharap rupiah hari ini akan bergerak menguat di kisaran Rp 14.210 per dolar AS sampai Rp 14.310 per dolar AS. (mar)