Depok

Kastara.ID, Depok – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus berinovasi dalam upaya percepatan pemberian vaksinasi Covid-19 ke masyarakat selama tahun 2021. Salah satunya mempermudah warga untuk mengakses vaksinasi lewat program D’Vajar atau Depok Vaksinasi Antar Warga.

Melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, masyarakat umum hingga kelompok rentan seperti lanjut usia dan disabilitas dapat memperoleh vaksinasi di rumah sakit (RS) yang telah bekerja sama dengan Pemkot Depok, yaitu RSUI. Program ini pertama kali diresmikan oleh Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono di halaman kantor Kelurahan Ratujaya untuk mengantar masyarakat menggunakan minibus dan angkutan kota ke sentra vaksinasi Covid-19 di RSUI pada 13 Agustus 2021.

Program yang dimulai sejak Agustus hingga 4 Desember 2021 ini menargetkan sebanyak 6.300 warga Depok untuk diberikan vaksin Covid-19. D’Vajar berlaku untuk Warga Negara Indonesia (WNI) dengan usia minimal 18 tahun, diprioritaskan bagi warga yang tidak dapat mengakses aplikasi untuk mendapatkan vaksinasi. Warga yang telah terdaftar di kelurahan setempat dijemput dengan armada bus yang disiapkan oleh PT Blue Bird Tbk untuk diantar ke RSUI.

D’Vajar merupakan salah satu program Pemkot Depok yang bertujuan untuk menarik minat masyarakat ke lokasi vaksinasi. Lalu memberikan kemudahan bagi warga yang kesulitan mendaftar vaksinasi melalui aplikasi, serta memfasilitasi warga yang tidak memiliki kendaraan.

Berdasarkan data Dishub Kota Depok warga yang memanfaatkan D’vajar sebanyak 1.149 warga. Terdapat 23 kelurahan yang memanfaatkannya, di antaranya Kelurahan Ratu Jaya 93 warga, Kelurahan Gandul  27 warga, dan Pangkalan Jati 28 warga.

Kemudian Kelurahan Pangkalan Jati Baru 19 warga, Grogol 82 warga, Sawangan Lama 39 warga, Duren Mekar 19 warga, Bojongsari Lama 30 warga, Sukmajaya 44 warga, Pasir Gunung Selatan 83 warga, Sukamaju 50 warga, Jatimulya 9 warga dan Kelurahan Kalimulya 12 warga.

Selanjutnya Kelurahan Kalibaru 15 warga, Cilodong 9 warga, Tirtajaya 5 warga, Depok 48 warga, Depok Jaya 47 warga, Beji Timur 97 warga, Sukamaju Baru 99 warga, Pancoran Mas 51 warga, Limo 67 warga, Curug 65 warga. Kemudian ada juga gabungan Kelurahan Sukamaju dan Cilodong 54 warga dan Kelurahan Baktijaya 52 warga.

Ribuan warga tersebut mendapatkan vaksinasi di RSUI. RSUI menyiapkan vaksinator dan tenaga kesehatan lainnya untuk mendukung program tersebut. Khusus untuk program D’Vajar, pelaksanaan vaksinasi di Gedung Parkir Lantai 1 RSUI, terdapat kontainer khusus yaitu Vaccination Center.

Program D’Vajar turut menambah minat warga untuk mengakses layanan vaksinasi. D’Vajar ini juga menyempurnakan semua program percepatan vaksinasi Covid-19 yang dilakukan Pemerintah Kota Depok. (dha)