Dewan Pers

Kastara.ID, Jakarta – Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Komisi Polisi Nasional dan Lembaga atau Komisi Negara serta Dewan Pers mendapatkan apresiasi dari Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Moh. Mahfud MD.

“Alhamdulillah, baru saja kita semua masing-masing pihak telah melaksanakan prosesi menandatangani Naskah Nota Kesepahaman antara Kompolnas dan Lembaga/Komisi Negara serta Dewan Pers secara sendiri-sendiri. Kami mengajak kepada kita semua pimpinan lembaga, terlebih dahulu mari kita saling mengapresiasi atas langkah bersama kita yang telah menyepakati Nota Kesepahaman,” jelas Menko Polhukam saat memberikan sambutan di Jakarta, Rabu (3/2).

Menurut Menko Polhukam, yang baru saja dilakukan tersebut merupakan itikad kenegaraan yang baik dalam rangka membangun kerja sama antar lembaga yang bertujuan saling mendukung dan membantu pelaksanaan fungsi, tugas dan wewenang masing-masing di dalam ruang lingkup yang disepakati kedua belah pihak, antara Kompolnas dan setiap lembaga dan komisi negara serta Dewan Pers secara sendiri-sendiri.

“Apabila kita kembali membuka lembaran Nota Kesepahaman yang baru saja kita tanda tangani, pada intinya kesepahaman antara Kompolnas dengan setiap lembaga dan komisi negara serta Dewan Pers, adalah bersepaham dengan maksud dan tujuannya. Kehadiran kita para pimpinan lembaga saat ini karena masing-masing lembaga memiliki maksud dan tujuan yang sama dengan Kompolnas,” katanya.

Ada lembaga dan komisi negara bermaksud dan bertujuan sama dengan Kompolnas yaitu untuk koordinasi, kerja sama dan sinergi dalam pengawasan yang terkait fungsi, tugas, dan wewenang masing-masing.

Selain itu ada juga lembaga yang bermaksud dan bertujuan sama dengan Kompolnas, yaitu untuk koordinasi dan kerja sama dalam pelaksanaan fungsi, tugas dan wewenang kedua belah pihak.

“Untuk selanjutnya, Nota Kesepahaman ini agar efektif antara Kompolnas dan Lembaga/Komisi Negara serta Dewan Pers, maka tentunya diawali dari kami sendiri berkomitmen untuk dapat melaksanakannya dengan sungguh-sungguh,” ungkapnya.

Menko Polhukam menghimbau kepada pihak setiap lembaga dan komisi negara serta Dewan Pers, kami berharap Nota Kesepahaman ini dapat bersama-sama dilaksanakan dengan baik. Mari kita saling mendukung dan membantu dalam rangka memajukan masyarakat, bangsa dan negara melalui pelaksanaan fungsi, tugas dan wewenang masing-masing dengan kesepahaman bersama.

“Akhir kata, sekali lagi atas nama Kompolnas, kami mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya proses penandatanganan Nota Kesepahaman hari ini yang telah berjalan dengan baik. Semoga kita semua dapat melaksanakannya dengan sebaik-sebaiknya sesuai dengan harapan masing-masing,” tutupnya. (ant)