Pilkada Serentak 2018

Kastara.id, Jakarta – Semua pihak diharapkan melawan hoax atau berita bohong, fitnah, ujaran kebencian, politisasi suku, agama, ras, antar golongan (SARA), dan politik uang.

“Mari kita lawan yang namanya politik uang. Politik uang adalah racun demokrasi yang harus kita lawan dalam era pilkada serentak ini,” kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dalam keteranganya (2/3).

Menurut Mendagri, politik uang dan fitnah akan merusak konsolidasi demokrasi. “Tahun ini adalah tahun yang menentukan konsolidasi demokrasi di Indonesia. Dinamikanya pun mulai menggeliat, lebih dinamis, bahkan mulai memanas,” ungkapnya.

Dia menegaskan, pilkada bermartabat juga harus diwujudkan dan bertumpu pada kompetisi yang sehat. “Jangan kampanye yang berujar kebencian, fitnah, SARA. Ancaman bangsa ini harus dicermati oleh segenap elemen-elemen bangsa,” ujarnya.

Dia menambahkan, ideologi Pancasila yang membuat bangsa ini besar, dan terbukti dalam perjalanan sejarahnya tak bisa ‘dibunuh’. “Karena Pancasila yang merekatkan, mempersatukan, dan jadi spirit dari bangsa Indonesia,” pungkasnya. (npm)