Aplikasi e-HAC

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah memberlakukan aturan baru untuk perjalanan domestik dengan pesawat terbang. Mulai 3 Maret 2022, penumpang diwajibkan mengisi e-HAC sebelum keberangkatan.

Aturan terbaru ini untuk menghindari terjadi antrean atau penumpukan penumpang di bandara. Sebab, dalam aturan sebelumnya mewajibkan pelaku perjalanan mengisi e-HAC ketika tiba di tempat tujuan.

“Aturan baru ini akan berlaku efektif per tanggal 3 Maret 2022,” ujar Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan Setiaji seperti dikutip dari laman Sehat Negeriku Kemkes, Kamis (3/3).

Setiaji juga meminta agar pelaku perjalanan udara memperbarui aplikasi PeduliLindungi ke versi terbaru. Dalam versi terbaru ini e-HAC memiliki fitur pengecekan kelayakan terbang bagi pengguna transportasi udara domestik dengan tampilan yang lebih ramah.

“Ke depan, fitur dan alur pengisian e-HAC di aplikasi PeduliLindungi akan terus dievaluasi dan dikembangkan, dengan data yang semakin terintegrasi dan disesuaikan dengan kebijakan protokol kesehatan yang berlaku,” jelasnya.

Berikut panduan cara mengisi e-HAC terbaru bagi penerbangan domestik di Aplikasi PeduliLindungi:

– Pastikan telah melakukan update versi terbaru aplikasi PeduliLindungi
– Buat akun baru atau log in bila telah memiliki akun PeduliLindungi
– Klik fitur ‘e-HAC’ yang ada pada laman utama
– Pilih ‘Buat e-HAC’
– Pilih ‘Domestik’ untuk pelaku perjalanan dalam negeri
-Pilih sarana perjalanan ‘Udara’
– Pilih tanggal dan isi nomor penerbangan.
– Jika nomor penerbangan tidak ditemukan, isi data penerbangan manual dengan memilih nama maskapai, bandara keberangkatan dan tujuan
– Pastikan informasi yang diisi benar, kemudian klik ‘Lanjutkan’
– Isi ‘Data Personal’, dapat diisi maksimal 4 orang sekaligus
– Kini Anda juga dapat mengecek kelayakan terbang
– Jika e-HAC menampilkan informasi “hasil tes tidak ditemukan”, silahkan konsultasikan ke petugas kesehatan atau Kantor Kesehatan – Pelabuhan (KKP) di bandara. Jika menampilkan kasus konfirmasi (status hitam), pembuatan e-HAC dan perjalanan tidak dapat dilanjutkan
– Bila dinyatakan layak terbang, pilih simpan informasi yang telah Anda isi sebelumnya
– Lanjutkan dengan melengkapi pernyataan kesehatan dan riwayat perjalanan
– Setelah itu, pilih “konfirmasi” dan pengisian e-HAC telah selesai. (ant)