Jakarta

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Bina Marga DKI Jakarta kembali melaksanakan penataan trotoar dengan konsep Complete Street tahun ini.

Penataan trotoar kali ini rencananya dilakukan di kawasan Kebayoran Baru, kawasan Pecenongan, dan kawasan Jalan Proklamasi-Jalan Penataran.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho merinci, penataan trotoar di kawasan Kebayoran Baru mencakup Jalan Cikajang, Jalan Trunojoyo, Jalan Gunawarman, Jalan Pattimura, dan Jalan Sultan Hasanudin.

Sementara di kawasan Pecenongan, penataan trotoar mencakup Jalan Juanda dan Jalan Pecenongan.

“Penataan dipusatkan pada kedua sisi trotoar beserta salurannya,” terang Hari, Kamis (3/3).

Hari menjelaskan, panjang trotoar yang akan ditata di kawasan Kebayoran Baru mencapai 6.960 meter, di kawasan Pecenongan sepanjang 2.100 meter, dan kawasan Jalan Proklamasi-Jalan Penataran sepanjang 3.540 meter.

“Saat ini masih dalam proses desain. Prediksi penataan dimulai Mei 2022 mendatang,” ungkapnya.

Menurut Hari, penataan trotoar di tiga kawasan tersebut menggunakan konsep Complete Street yakni penataan ulang ruang jalan sesuai dengan fungsinya.

Penataan fungsi jalan mencakup jalur sepeda, jalur hijau dan pejalan kaki.

Termasuk penambahan ruang untuk transportasi umum dan fasilitas pendukungnya seperti street furniture, parkir on street dan aksesoris PJU, tanaman dan kursi. Begitu pula dengan jaringan utilitas seperti mainhole utilitas atau ducting system.

“Prinsipnya, penataan mengakomodasi kebutuhan sesuai porsi yang tepat dengan memprioritaskan pejalan kaki, pesepeda, dan pengguna transportasi umum,” tandas Hari. (hop)