Kastara.id, Jakarta – Saat sejumlah ormas dan politisi menyarankan minta maaf, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) melalui Sekretaris Jenderalnya Johnny G Plate, justru menilai puisi Sukmawati Soekarnoputri berjudul ‘Ibu Indonesia’ merupakan bagian dari sebuah ekspresi seni.

Menurut Johnny setiap karya seni yang dihasilkan pasti menimbulkan pro dan kontra di dalam masyarakat. Ketika orang lain melihat hasil karya seni dipastikan akan menimbulkan perspektif maupun pemahaman yang multitafsir, baik positif maupun negatif.

“Karya seni kalau dilihat dari sisi negatif ada banyak negatifnya. Tapi kalo karya seni dilihat dari sisi positif ada banyak sisi positifnya. karena karya seni adalah bagian dari auto kritik,” kata Johny seperti dikutip dari CNN Indonesia (3/4).

Johnny secara tegas mengatakan, hasil karya seni berbentuk puisi yang ditulis oleh Sukmawati tak bisa dicampurkan dengan politik.

Menurutnya, jika seni telah dicampuradukkan dengan politik maka bisa merusak tatanan bangsa.

“Kalau semua masalah kehidupan masyarakat dibawa ke politik rusaklah bangsa ini. Kita harus menjaga bangsa ini supaya tetap kokoh,” katanya.

Sebelumnya, Sukmawati menyebut kidung lebih indah dari azan. Hal itu disampaikan saat membaca puisi dalam acara 29 Tahun Anne Avantie Berkarya di Indonesia Fashion Week 2018. (npm)