MotoGP Italia 2022(motogp.com)

Kastara.ID, Mugello – Ada satu momen mengerikan yang sangat menakutkan di sesi FP1 MotoGP Italia, ketika dua pembalap dengan jarak sangat jauh, tiba-tiba berdekatan di akhir lintasan lurus Mugello.

Mereka adalah Aleix Espargaro (Aprilia Racing) dan Miguel Oliveira (Red Bull KTM Factory Racing) yang mengalami turbulensi aerodinamis, membuat Aleix hampir menyerempet Oliveira, sedangkan Oliveira terpaksa melaju kencang di atas rumput di luar aspal.

Aleix kemudian menceritakan insiden itu setelah sesi berlangsung, menjelaskan bahwa dia telah meminta maaf kepada pembalap Portugal itu dan meminta untuk memodifikasi bagian trek yang dimaksud.

“Itu sangat berbahaya. Saya berbicara dengannya dan perasaan saya adalah bahwa saya tidak dekat dengannya, tapi saya begitu cepat sehingga saya mengatakan kepadanya bahwa saya menyesal,” kata Aleix berbicara setelah hari pertama, seperti dimuat Motorcycle Sports.

“Mungkin saya tidak menghitung dengan baik, mungkin itu terlalu dekat. Dan dia mengatakan kepada saya bahwa dia sangat jauh dari saya, tapi angin telah meniup saya ke arahnya. Dia mengatakan kepada saya bahwa itu adalah angin yang mendorongnya keluar jalur dan jika tidak ada aspal di sana itu akan sangat berbahaya,” imbuh Aleix.

“Rasanya seperti belokan kiri, saya berbalik tapi saya jauh dari itu, tapi angin mendorong saya ke kiri dan angin yang sama mendorongnya keluar jalur. Sayap memberi kita banyak stabilitas di sana, sekarang sangat mudah untuk pergi ke sana dengan kecepatan 350 km/jam atau 360 km/jam tanpa masalah, motor tidak bergerak. Tapi ketika Anda mengikuti motor lain dan Anda mengalami turbulensi, pembalap tidak dapat mengendalikan angin dengan kecepatan itu, jadi kami harus sangat berhati-hati dalam balapan. Dan bagi saya, di masa depan tempat ini (akhir lintasan lurus Mugello) harus dimodifikasi, tanpa diragukan lagi. Itu harus dilakukan,” harap pembalap Catalan itu. (tra)