Pasar Rawa Bening

Kastara.ID, Jakarta – Pasar Rawa Bening, Jatinegara, Jakarta Timur, akan menggelar kontes Batu Bacan, pada 12 Juni mendatang. Untuk mendukung pelaksanaan kegiatan ini, Kamis (2/6) kemarin, jajaran Suku Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif (Parekraf) Jakarta Timur meninjau situasi kondisi pasar batu mulia ini.

Kasudin Parekraf Jakarta Timur, Ahmad Gozali mengatakan, pihaknya sangat mendukung dan akan membantu pelaksanaan kontes yang diprakarsai pengelola pasar, pedagang dan komunitas pecinta batu aji tersebut.

Menurut Gozali, pelaksanaan kontes tersebut selain dapat mendongkrak perekonomian juga bisa membangkitkan kembali pamor Pasar Rawa Bening yang sejak dulu dikenal sebagai pusat penjualan batu aji, batu akik, permata dan benda pusaka, yang sebelumnya sempat terdampak pandemi COVID-19.

“Pasar Rawa Bening merupakan salah satu lokasi urban tourism di Jakarta. Pasca pandemi, kegiatan ekonomi kreatif di sini mulai berjalan dengan baik,” kata Gozali, Jumat (3/6).

Sebagai salah satu ikon Jakarta, lanjut Gozali, Pasar Rawa Bening juga siap menerima kedatangan wisatawan mancanegara saat digelarnya ajang Formula E yang akan digelar, Sabtu (4/6) besok.

Kepala Pasar Rawa Bening, Ahmad Subhan menambahkan, dalam kontes nanti akan dipamerkan berbagai jenis Batu Bacan, seperti  Bacan Obi, Pancawarna, Doko dan Palamea milik beberapa kolektor. Menurut dia, setiap harinya masih banyak pecinta batu permata yang memburu Batu Bacan di pasar ini.

“Diharapkan ini dapat mengangkat kembali Pasar Rawa Bening sebagai ikonnya Jakarta,” tandasnya. (hop)