“Tadi usai Salat Jumat, kita sama-sama melaksanakan Salat Gaib yang ditujukan untuk almarhum ananda Eril anak dari bapak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang sudah dinisbatkan, sudah ditentukan bahwa jasadnya sudah meninggal,” ujar imam Salat Gaib untuk Eril, Fadil Akbar di Masjid Balai Kota Depok yang dilansir situs resmi Pemkot Depok, Jumat (3/6).Fadil mengatakan, tujuan dilaksanakannya Salat Gaib untuk mendoakan arwah Eril agar tenang di alam barzah. Salat ini dilakukan serentak di berbagai tempat setelah pihak keluarga menyatakan ikhlas atas kepergian Eril dan menyatakan telah meninggal dunia.

“Kita melaksanakan Salat Gaib ini sesuai dengan seruan MUI Jawa Barat untuk sama-sama kita laksanakan selepas Salat Jumat,” ujarnya.

Sementara Rachmat Abdul Jabbar, salah satu jemaah yang ikut melaksanakan Salat Gaib turut berduka atas dinyatakan meninggalnya Eril oleh pihak keluarga. Dia pun mendoakan agar keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan serta ketabahan.

“Untuk Eril semoga khusnul khotimah dan ditempatkan di tempat yang terbaik. Semoga amal ibadahnya diterima Allah SWT, serta untuk keluarga semoga lapang dada dan diberi ketabahan atas cobaan yang dihadapi,” ujarnya.

Untuk diketahui, Eril dinyatakan hilang saat berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss, pada Kamis (26/5) siang hari waktu setempat. Hingga kini Eril belum ditemukan. (dha)