Valentino Rossi

Kastara.id, Assen – Pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi berhasil masuk dalam pertarungan sengit di GP Assen yang berlangsung Minggu (1/7).

Namun pembalap Italia itu gagal menang, termasuk pupusnya mengamankan podium. Hasil tersebut membuat Rossi pesimis menatap gelar juara dunia yang dirasanya semakin jauh dari jangkauan The Doctor.

Apalagi Marc Marquez yang menjadi pesaing terberat Rossi, kini semakin tangguh dan sulit sekali terkalahkan.

“Seperti saya katakan sejak beberapa waktu lalu Marquez adalah yang terkuat dan di Assen dia bisa bertarung dan mampu melarikan diri dengan gap besar,” papar Rossi.

Kini Rossi tertinggal 41 poin di klasemen sementara dari posisi puncak The Baby Alien. Rossi gagal mengalahkan Marquez di Assen yang menang dengan keunggulan dua detik lebih.

“Pada akhirnya Marquez memutuskan untuk kabur dan dia unggul dua detik di depan. Itu sulit karena dia lebih cepat dari kami, dia juga lebih cepat dari semua pembalap lain. Jadi, saya pikir perebutan gelar juara dunia musim ini akan sangat sulit,” ungkap Rossi.

Namun Rossi mengaku telah berjuang keras untuk posisi kedua, setidaknya bersaing dengan dua atau tiga pembalap. “Kami harus berharap memperbaiki motor untuk akhir musim. Tetapi itu tak akan mudah,” jelas Rossi.

Kegagalan Rossi di Assen sekaligus menambah daftar panjang Yamaha melewatkan 18 seri balap kelas utama tanpa kemenangan. Sesungguhnya Assen menjadi sirkuit paling sesuai dengan Yamaha dan Rossi punya catatan paling apik di Assen.

Masih harus dilihat apakah Rossi mampu menorehkan kemenangan bagi Yamaha atau justru kegagalan di Assen akan berlanjut. (lan)