Damkar Depok

Kastara.ID, Depok – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok berbagi tips mencegah hewan liar masuk ke dalam rumah. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan.

Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Gandara Budiana mengatakan, langkah pertama, rutin membersihkan lingkungan rumah dari barang bekas yang tidak terpakai.

“Lalu membersihkan saluran air dan memotong tumbuhan liar jika ada di lingkungan sekitar,” ujarnya sebagaimana dimuat situs resmi Pemkot Depok, Rabu (3/8).

Kemudian gunakan wewangian yang menyengat di sekitar rumah. Sebab, imbuhnya, wangi menyengat dan khas yang ditimbulkan dapat menangkal ular mendekat ke rumah atau pemukiman.

“Wewangian seperti karbol maupun kapur barus,” tambahnya.

Lanjut Gandara, jika menemukan ular di dalam rumah, langkah yang harus dilakukan yaitu jangan panik, lalu jangan membuat gerakan aktif yang meningkatkan kecurigaan hewan tersebut. Gunakan alat yang panjang seperti gagang sapu sebagai alat melindungi diri.

“Kemudian segera laporkan kepada Dinas Damkar dengan menghubungi Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 atau melalui nomor UPT Damkar setempat,” pungkasnya. (dha)