Papua

Kastara.ID, Jakarta – Panglima Kodam XVIII/Kasuari, Mayor Jenderal TNI I Nyoman Cantiasa memerintahkan Komandan Korem 181/PVT Sorong melakukan pengejaran terhadap anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang melakukan penyerangan terhadap anggota TNI.

Saat memberikan keterangan Jumat (3/9), Cantiasa menegaskan, pihaknya melalui Komando Pelaksana Operasi akan melakukan pengejaran hingga menangkap anggota kelompok teroris, dalam keadaan apa pun.

Sebelumnya pada Kamis (2/9) dini hari KKB Papua kembali menebar teror dan berbuat onar. Kelompok teroris itu dikabarkan menyerang Pos Koramil di Kampung Kisor, Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, Papua Barat. Akibatnya empat anggota TNI gugur.

Dikutip dari Antara (2/9), anggota TNI yang gugur adalah Lettu CHB Dirman, Praka Muhammad Dhirhamsyah, Pratu Sul Ansyari Anwar, dan Serda Ambrosius Apri Yudiman. Satu anggota TNI lainnya, Pratu Ikbal dinyatakan hilang. Sedangkan Sertu Juliano mengalami luka berat.

Dalam keterangannya, Kepala Penerapan Kodam (Kapendam) XVIII Kasuari, Kolonel Hendra Pesireron mengatakan, penyerangan itu terjadi pukul 03.00 WIT oleh sekitar 50 anggota kelompok separatis.

Saat ini jenazah empat anggota TNI tersebut sudah berhasil dievakuasi dan disemayamkan di Aula Makorem 181/PVT, Sorong. (ant)