Ciracas

Kastara.ID, Jakarta – Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, masuk 10 besar dalam Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XXII tahun 2021. Lomba ini diselenggarakan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) secara daring.

Ada tiga kriteria yang dilombakan dalam kegiatan ini, yaitu Kelembagaan Posyantek Desa Berprestasi, Teknologi Unggulan, serta Teknologi Tepat Guna Unggulan.

Camat Ciracas Mamad menuturkan, sekretariat Posyantek kantor Kelurahan Ciracas yang dilombakan masuk dalam 10 besar untuk kategori Kelembagaan Posyantek Desa Berprestasi.

Menurut Mamad, lomba ini dimaksudkan untuk menggali potensi dan kreativitas masyarakat dalam mengembangkan TTG dan menjaring teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Seleksi lomba dilakukan 7-9 September secara daring. Pemenangnya akan dipilih dan ditetapkan berdasarkan hasil evaluasi data laporan dari daerah,” kata Mamad.

Pemenang lomba akan diumumkan pada saat pembukaan gelar TTG Nasional XXII pada 20 September mendatang di Jakarta. Pemenang akan mendapatkan piala dan piagam dari Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi RI.

Untuk meraih posisi terbaik, lanjut Mamad, pihaknya akan bersaing dengan sembilan wilayah lain di Indonesia. Di antaranya Kabupaten Bintan (Kepulauan Riau), Kemudian Lampung Timur (Lampung), Cilegon (Banten), Sumedang (Jawa Barat).

Kemudian Blora (Jawa Tengah), Tulung Agung (Jawa Timur), Tanah Bumbu (Kalimatan Selatan), Kota Bontang (Kalimantan Timur), dan Malinau (Kalimantan Utara).

“Kolaborasi dengan stakeholder dan arahan pimpinan tentu sangat mendukung untuk bisa masuk 10 besar ini,” pungkas Mamad. (hop)