Kastara.ID, Jakarta – Berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), wilayah di Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, sampai ke Nusa Tenggara Timur masih akan mengalami hari tanpa hujan, setidaknya hingga November mendatang.

Berdasarkan keterangan Kepala Bidang Analisis Variabilitas Iklim BMKG, Indra Gustari, di kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) (2/10), wilayah di pulau-pulau tersebut sudah mengalami 60 hari tanpa hujan. Bahkan di NTT sudah ada yang mengalami 198 hari tanpa hujan.

Sementara itu untuk wilayah Sumatera Selatan, Jambi, dan Lampung, BMKG memprakirakan juga masih mengalami hari tanpa hujan dalam lima hari ke depan. Sedangkan untuk wilayah di Aceh dan Sumatera Utara curah hujan mulai meningkat. Hal yang sama diikuti di wilayah Kalimantan kecuali Kalimantan Selatan. Intensitas curah hujan sedang hingga lebat juga meningkat di wilayah Papua.

Berdasarkan prakiraan ini, ancaman terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) masih terjadi di Sumatera Selatan dan Kalimantan Selatan. Menurut Indra Gustari, setidaknya dibutuhkan hujan merata dengan intensitas 50 mm ke atas perhari agar membasahi hutan dan lahan gambut sehingga tidak mudah terbakar. (rya)