Pelatihan Perbengkelan Roda Dua

Kastara.ID, Depok – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota memberikan pelatihan perbengkelan roda dua sesi kedua tahun 2021 untuk puluhan warga yang berasal dari sejumlah kecamatan. Dalam pelatihan yang digelar dari 1-20 November 2021, pihaknya menggandeng Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Prima dan Planet Ban sebagai mitra Disnaker Depok.

Kepala Disnaker Kota Depok, Mohamad Thamrin mengatakan, kerja sama ini bukan yang pertama. Melainkan pihaknya sudah bekerja sama dalam beberapa angkatan pada tiga tahun terakhir dengan LPK Prima dan Planet Ban.

“Kami sudah menjalin kerja sama sejak tahun 2019. Hingga kini sudah banyak alumni pelatihan ini yang diterima kerja di Planet Ban,” tutur Thamrin saat pelatihan di Kinasih Conference dan Resort, Kecamatan Tapos, seperti dilansir laman resmi Pemkot Depok (2/11).

Ia menjelaskan, kedua mitra Disnaker tersebut merupakan lembaga yang mempunyai kompetensi dan pengalaman dalam bidang perbengkelan roda dua. Untuk itu, kedua lembaga itu mengirimkan pemateri yang kompeten dalam pelatihan.

Dikatakannya, materi yang disampaikan yaitu pengenalan dan manajemen perbengkelan sepeda motor. Softskill menjadi teknisi bengkel sepeda motor.

“Peserta pelatihan akan mendapatkan pelatihan tune up sepeda motor dari mesin, rangka dan lain sebagainya,” terangnya.

Kepala Bidang Pelatihan Produktivitas dan Bina Lembaga Pelatihan Kerja, Disnaker Kota Depok, Tri Asusti menambahkan, pelatihan diikuti 20 peserta dari sejumlah kecamatan di Kota Depok. Yang lolos seleksi, baik kelengkapan berkas, tes teknis hingga wawancara.

“Dengan kriteria usia di bawah 40 tahun dan tidak sedang bersekolah atau bekerja,” pungkasnya. (dha)