Banjir

Kastara.ID, Jakarta – Musibah banjir yang menerjang wilayah Jabodetabek dan Banten terus bertambah. Data terkini, terdapat 53 orang meninggal dan satu hilang.

“Korban meninggal dunia yang tercatat pada hari ini tanggal 4 Januari 2020, pukul 10.00 WIB menjadi 53 orang dan 1 orang hilang,” terang Agus Wibowo selaku Kepala Pusat Data dan Informasi Komunikasi (Pusdatinkom) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui keterangan tertulisnya, di Jakarta Sabtu (4/1).

Agus kembali menjelaskan, bahwa data korban banjir tercatat hingga pukul 10.00 WIB. Adapun penambahan korban meninggal dunia terjadi di Kabupaten Lebak dan Kabupaten Bogor.

“Untuk Kabupaten Bogor, 5 orang meninggal, namun identitas masih belum diketahui,” katanya lagi.

Masih dari penuturan Agus, terdapat beberapa kasus yang ditemukan menjadi penyebab hilangnya nyawa warga dalam peristiwa banjir besar yang mengepung wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

Antara lain korban hilang, hipotermia, terseret arus banjir yang deras, tersengat listrik, tertimbun tanah longsor, dan masih ada beberapa kasus yang dalam pendataan. (ant)