Paskibraka

Kastara.ID, Bekasi – Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi bersama Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bekasi Tedi Hafni hadir dalam pengarahan bagi calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Kota Bekasi dari hasil seleksi SMA Negeri se-Kota Bekasi di Stadion Patriot Chandrabaga, Kota Bekasi.

Proses penilaian yang telah tersaring dari proses seleksi siswa SMA Negeri se-Kota Bekasi, sebanyak hampir 855 siswa tergabung dari 250 sekolah di Kota Bekasi dan tersaring dalam tahap 2 sebanyak 500 orang dari 67 sekolah di Kota Bekasi.

Wali Kota dalam kesempatan tersebut menyampaikan hal penting dalam kecermatan dan kecerdasan yang dinilai dari aspek intelektual maupun segi spiritual. Utamanya ialah semangat yang tinggi untuk bergabung menjadi anggota Paskibra Kota bekasi, untuk memperkuat NKRI.

“Kepada siswa-siswi agar dapat mengaktualisasikan diri di Kota Bekasi, karena Kota Bekasi secara cepat berkembang dari segi pendidikan, segi pembangunan sesuai yang diharapkan tercapainya visi Kota Bekasi yang Cerdas, Kreatif Maju, Sejahtera, dan Ihsan,” ujar Rahmat Effendi.

Wali Kota juga menyampaikan seleksi untuk anggota Paskibraka Kota Bekasi, nantinya bisa dikirim ke Tingkat Provinsi Jawa Barat ataupun langsung ke Tingkat Nasional, ini yang akan menjadi satu kebanggaan khusus jika memang dicetak dari warga Kota Bekasi.

“Oleh karena kita memiliki pedoman yang kuat untuk menjaga NKRI dan berpedoman pada Pancasila, kita harus lindungi NKRI karena kini banyak yang mengandung berita hoaks, berita yang menyimpang ataupun aksi radikalisme yang sudah banyak masuk negara. Kita sebagai warga negara Indonesia harus benar-benar kokoh dalam segi pengamanan yang akan menciptakan suasana aman dan tenteram,” papar Wali Kota.

Kota Bekasi ialah kota yang sangat pluralisme, tidak ada perbedaan suku budaya ras bahasa dan agama sekalipun yang bisa memecahkan kedamaiana di Kota Bekasi. Sebagai jiwa muda, harus meyakini bahwa NKRI adalah Harga Mati, menjaga kedamaian, rajut kebersamaan, dan perkuat persatuan dan kesatuan bangsa, khusunya di Kota Bekasi.

Para Calon Paskibraka Kota Bekasi juga diharapkan bisa mengikuti aturan agar lolos tahap seleksi berikutnya menjadi anggota Paskibraka yang disiplin, dan akan dikirim ke tingkat provinsi maupun nasional, agar bisa membangkitkan nama Kota Bekasi dalam tingkat apapun, dan bersaing dalam tingkat apapun.

“Bagi siswa atau siswi yang tidak lolos dalam tahap berikut, jangan terlalu berkecil hati. Bisa lakukan kembali pada berikutnya dan tetap semangat dalam belajar karena masa depan ada di pundak kalian sebagai penerus bangsa,” kata Wali Kota.

“Demi bangsa ini, kalian rela berpanas-panasan agar bersaing meraih menjadi anggota Paskibraka. Berarti kalian sudah termasuk satu nasionalisme yang tinggi. Jaga semangat kalian, agar terus bisa meraih impian kaliam di masa depan,” tambah Wali Kota. (raf)