Pimpinan Baru DPR

Kastara.id, Jakarta – Di sela peluncuran buku “Intelijen dan Pilkada: Pendekatan Strategis Menghadapi Dinamika Pemilu” karya Stepi Anriani, di Jakarta (3/4), mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengatakan, elite politik seperti yang diungkapkan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pasti ada.

Mahfud yang jadi pembicara dalam peluncuran buku tersebut mengatakan bahwa hal itu pasti ada. “Dalam politik pasti ada yang begitu,” ujarnya.

Tanggapan Mahfud menyusul pernyataan Prabowo Subianto bahwa ketimpangan ekonomi yang terjadi sekarang ini diakibatkan oleh banyaknya elite yang bermental maling. Kontan penyataan Prabowo tersebut menuai komentar dari sejumlah tokoh dan politisi.

Menurut Mahfud, elite seperti diutarakan Prabowo pasti ada, namun yang tidak seperti itu juga banyak. Ada tidaknya elite seperti ini, lanjutnya, biasa saja dalam politik.

Sedangkan pakar komunikasi politik Universitas Indonesia Effendi Gazali secara terpisah menilai bahwa dalam konteks psikologi politik, wajar jika Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto melontarkan pernyataan tersebut.

Effendi menambahkan, mungkin saja Prabowo sangat kesal dengan adanya elite yang tidak baik. (danu)