Kastara.id, Madiun – Untuk kedua kalinya PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menggelar workshop di wilayah Madiun, Jawa Timur (3/5). Melalui workshop ini, NMI mensosialisasikan visi Nissan Intelligent Mobility kepada masyarakat melalui media lokal. Sebelumnya workshop serupa telah digelar di Bandung, Jawa Barat.

Nissan Intelligent Mobility ingin memasyarakatkan teknologi otomotif terdepan untuk memastikan semua konsumen memiliki akses terhadap inovasi Nissan. Juga mendapatkan manfaat yang nyata, sehingga menciptakan pengalaman berkendara yang lebih personal.

Dalam workshop selama dua hari tersebut, peserta dapat merasakan secara langsung teknologi Intelligent Mobility terdepan pada beberapa model Nissan di Indonesia melalui aktivitas khusus, seperti Eco-Driving Challenge. “Nissan Intelligent Mobility disusun untuk memandu evolusi produk Nissan yang berkelanjutan serta mengarahkan keputusan perusahaan berdasarkan tiga pilar utama: Intelligent Driving, Intelligent Power, dan Intelligent Integration,” kata Vice President Marketing and Sales NMI Davy J. Tuilan.

Fitur-fitur yang ada dalam produk unggulan Nissan di antaranya Intelligent Around View Monitor yang memberikan penglihatan 360 derajat ketika parkir dan bermanuver dalam kecepatan lambat. Fitur lainnya adalah Intelligent Ride Control untuk memantau permukaan jalan, mendeteksi jalan bergelombang yang berpotensi mengganggu kestabilan mobil dengan cara menyesuaikan torsi mesin sebagai penyeimbang. Sedangkan fitur Active Trace Control menerapkan kekuatan pengereman bila diperlukan saat menikung untuk membantu pengemudi mengarahkan setir secara lebih aman saat melalui tikungan jalan.

Sedangkan fitur Intelligent Engine Brake memanfaatkan pengendalian Xtronic CVT Nissan untuk memberikan pengereman mesin saat menikung dan akan berhenti. Demikian pula dengan fitur Nissan Safety Shield yang memuat berbagai sistem keamanan baik pasif maupun aktif untuk menjaga keselamatan pengemudi dan penumpang.  Sementara fitur Xtronic CVT yaitu transmisi otomatis tanpa menggunakan roda gigi dari Nissan yang efisien dan membantu akselerasi yang bertenaga, sekaligus menghemat bahan bakar.

Fitur lainnya Hill Start Assist akan secara otomatis menjalankan fungsi rem kendaraan saat melaju dari tanjakan untuk membantu mencegah mobil mundur saat mulai berjalan. Fitur yang tak kalah menariknya adalah Hands Free Power Back Door yang memberikan kemudahan saat membuka pintu dengan cara yang cepat dan praktis.

Sejak tahun 2015 Nissan telah memperkenalkan contoh pertama Intelligent Power di Indonesia dengan merilis Nissan X-Trail Hybrid. Nissan ingin menunjukkan manfaat nyata dari visi Intelligent Mobility-nya dengan memperlihatkan bagaimana Nissan Grand Livina dapat mencapai efisiensi bahan bakar yang sangat baik saat dikombinasikan dengan teknik eco-driving. (koes)