LIPI

Kastara.ID, Jakarta – Pakar Informasi Teknologi (IT) dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Ika Atman Satya, mengapresiasi program internet untuk semua atau JakWIFI yang diluncurkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, pada Jumat 28 Agustus lalu.

Pada masa pandemi dan diberlakukannya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) saat ini, menurut Ika, akses internet menjadi sangat penting bagi warga Ibu Kota, terutama para siswa yang harus mengikuti proses belajar jarak jauh dan pelaku usaha kecil menegah (UKM) yang ingin memasarkan produknya secara online.

“Langkah Pemprov DKI Jakarta memfaslitasi jaringan internet gratis bagi warganya, sangat bagus dan patut diapresiasi,” katanya (3/9).

Ika yang sudah berpengalaman dalam mengelola infrastruktur jaringan di LIPI Pusat dan daerah ini menyarankan, agar bandwidth yang disediakan pada program JakWIFI ini memadai, sehingga warga dapat menggunakan akses internet dengan nyaman.

“Perlu pembatasan warga di setiap titik akses Wifi agar kualitas koneksi internet yang digunakan tidak lambat,” tandas Ika. (hop)