Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM)

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Administrasi Kepulauan Seribu mendapatkan hibah satu unit mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kepulauan Seribu, Akbal Syam mengatakan, mesin ADM tersebut saat ini ditempatkan di lantai satu kantor penghubung kabupaten di Gedung Mitra Praja, Sunter Jakarta Utara.

“Adanya mesin ADM ini diharapkan semakin memudahkan masyarakat mengakses layanan administrasi kependudukan,” ujar Akbal Syam, Rabu (4/11).

Akbal menjelaskan, untuk dapat mengakses layanan melalui mesin ADM tersebut, masyarakat harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran di kelurahan dan akan mendapatkan barcode sesuai kebutuhan layanan seperti, cetak Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Kartu Identitas Anak, atau dokumen kependudukan, dan administrasi kependudukan lainnya.

“Masyarakat tidak perlu lagi mengantre di loket sehingga mesin ini bisa menjadi layanan alternatif selain secara online maupun offline di kantor kelurahan dan kecamatan,” terangnya.

Ia menambahkan, mesin ADM ini juga telah tersebar di seluruh wilayah di DKI Jakarta, masing-masing wilayah kota/kabupaten mendapatkan hibah satu unit mesin ADM dari Kemendagri RI.

“Semoga benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat karena mesin ADM ini banyak memberikan kemudahan,” tandasnya. (hop)