Demam Berdarah Dengue (DBD)

Kastara.ID, Depok – Memasuki musim penghujan, Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Sawangan mengajak warga untuk melakukan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) agar terhindar penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Pasalnya penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti ini sering kali terjadi di musim hujan.

Kepala Puskesmas Sawangan, Mukti Purnaningsih mengatakan, warga bisa meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan melakukan aktivitas fisik seperti melakukan olahraga. Kemudian mengonsumsi buah dan sayuran dan melakukan cek kesehatan secara rutin.

“Serta tidak merokok di lingkungan rumah yang terdapat anak bayi dan lansia,” kata Mukti seperti dilansir laman resmi Pemkot Depok (3/11).

Dijelaskannya, warga juga harus menjaga kebersihan lingkungan dengan melakukan 3M plus. Yaitu menguras, mengubur, menutup serta menabur bubuk abate.

“Hal ini dilakukan untuk antisipasi nyamuk berkembang biak,” ujarnya.

Pihak puskesmas juga rutin melakukan sosialisasi Germas kepada masyarakat. Hingga saat ini belum ditemukan kasus warga yang terjangkit DBD di wilayah kerja Puskesmas Sawangan.

“Alhamdulillah belum ada laporan warga yang terjangkit, kalaupun ada pasti sudah tertangani,” tutupnya. (dha)