Imlek

Kastara.ID, Jakarta – Garuda Indonesia Group (Garuda dan Citilink) menyiapkan 132 ribu kursi tambahan (extra seat) untuk penerbangan domestik dan internasional. Hal itu untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama periode libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, yang berlangsung mulai 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019.

Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara mengatakan, kapasitas tambahan tersebut terdiri dari 55 ribu kursi tambahan pada layanan penerbangan Garuda Indonesia, dan 77 ribu kursi tambahan pada layanan penerbangan Citilink.

“Frekuensi penambahan kapasitas layanan penerbangan tambahan tersebut terdiri dari 197 frekuensi penerbangan Garuda Indonesia dan 216 frekuensi penerbangan Citilink,” rincinya di Jakarta, Selasa (4/12).

Menurut Ari, penambahan kursi Garuda Indonesia selama periode libur akhir tahun ini mengalami peningkatan hampir dua kali lipat dibandingkan kapasitas kursi tambahan Garuda Indonesia Group pada periode liburan Natal dan Tahun Baru tahun lalu.

“Kapasitas tambahan Garuda Indonesia sebagai mainbrand pada periode libur akhir tahun ini mencapai 49 ribu kursi yang terbagi dalam 170 frekuensi penerbangan ekstra di sejumlah rute-rute penerbangan domestik dan internasional. Serta lebih dari 6 ribuan kursi tambahan yang dilayani melalui 27 frekuensi penerbangan yang menggunakan bigger aircraft (pesawat berbadan lebar) di sejumlah rute penerbangan domestik dan internasional,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ari menjelaskan, penambahan kapasitas penerbangan Garuda Indonesia melalui penerbangan ekstra (extra flight) akan dilaksanakan pada rute-rute penerbangan domestik dan internasional dengan trafik penumpang tinggi, di antaranya Ambon–Langgur pp, Jakarta–Denpasar pp, Jakarta–Surabaya pp, Jakarta–Medan pp, Jakarta–Yogyakarta pp, serta Denpasar–Surabaya pp.

Sementara itu, pengoperasian bigger aircraft akan dilakukan pada 6 sektor penerbangan Garuda Indonesia yang terdiri dari rute Jakarta–Denpasar pp, Jakarta–Medan pp, Jakarta–Surabaya pp, Jakarta–Tanjung Pandan pp, hingga rute internasional Jakarta–Singapura pp.

Penggunaan bigger aircraft pada periode libur akhir tahun tersebut dilakukan melalui pengoperasian armada Boeing 777-300ER, Airbus A330-300, dan Airbus A330-200 yang akan menggantikan armada reguler B737-800 NG maupun armada regular lainnya di sejumlah sektor penerbangan.

“Sedangkan untuk Citilink, pada tahun ini kami menyediakan sedikitnya 77 ribu kursi tambahan melalui penyediaan extra flight di 11 sektor penerbangan, yakni rute Surabaya–Denpasar pp, Halim–Danau Toba pp, Halim–Malang pp, Halim–Semarang pp, Halim–Yogyakarta pp, Cengkareng–Malang pp, Cengkareng–Yogyakarta pp, Cengkareng–Semarang pp, Cengkareng Solo pp, Cengkareng–Denpasar pp, dan Cengkareng–Kualanamu pp,” tambahnya.

Terkait periode libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 ini, Ari mengimbau para penumpang Garuda Indonesia untuk menggunakan fasililitas City Check-in di kantor-kantor penjualan Garuda Indonesia, atau fasilitas Web Check-in, guna menghindari antrean panjang di konter check-in bandara.

“Selain itu juga perlunya penumpang berangkat lebih awal guna menghindari kemcetan di jalan dan keterlambatan tiba di bandara,” tutup Ari. (mar)