Israel

Kastara.ID, Jakarta – Jika berperang melawan Iran dan Hizbullah, Israel diyakini bisa dihantam lebih dari seribu roket setiap hari dan Israel bakal menjadi medan pertempuran yang belum pernah terlihat sebelumnya.

Prediksi tersebut disampaikan oleh mantan perwira senior Angkatan Udara Israel. Bahkan dikatakan sebagai ancaman parah bagi Israel, akan ada gambar yang belum pernah terlihat di masa lalu.

Jika benar terjadi perang, dia memprediksi akan ada banyak serangan yang diluncurkan Iran dan Hizbullah. Dan kemungkinan kerusakan yang ditimbulkan akan lebih besar daripada masa lalu.

Baru-baru ini, Benjamin Netanyahu Perdana Menteri Israel juga menuduh Iran merencanakan serangan terhadap negara Yahudi itu. Kata dia, Israel akan melakukan segala cara untuk mencegah serangan Iran.

Dia menegaskan bahwa Israel juga akan menggagalkan upaya pemindahan senjata mematikan dari Iran ke Suriah, baik melalui udara atau darat.

Iran memang memiliki kekuatan yang tak tertandingi di Timur Tengah. Bahkan Kementerian Pertahanan Amerika Serikat menyatakan Iran berhasil mengembangkan sistem senjata peluru kendali yang paling besar dari yang dimiliki negara Timur Tengah lainnya, termasuk Israel.

Penelitian Pentagon itu juga mengungkap bahwa Iran menganggap sistem rudal sebagai kebutuhan strategis negara lantaran keterbatasan kapabilitas angkatan udaranya dan telah mengembangkan sejumlah rudal yang dapat mencapai target hingga jarak 2.000 kilometer. Rudal-rudal itu bisa mencapai Israel atau Arab Saudi. (sud)