Pekerja Migran

Kastara.ID, Jakarta – Dianggap sebagai pahlawan sejati, Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan (Menhan) berencana untuk memberikan pelatihan bela negara kepada ribuan calon pekerja migran dengan menggandeng Kementerian Tenaga Kerja di bawah pimpinan Ida Fauzia.

Staf Khusus Menteri Pertahanan Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar Lembaga Dahnil Anzar Simanjuntak menyebutkan, keduanya telah melakukan pembicaraan awal. Pelatihan bela negara bagi para pekerja migran akan dilakukan menjelang keberangkatan para pekerja keluar negeri.

Adapun pelatihan bela negara berkaitan dengan pemahaman-pemahaman terkait negara Indonesia serta sikap nasionalisme terhadap negara sendiri. Meski begitu, Dahnil tak menjelaskan secara rinci alasan para pekerja ini diberi pelatihan terkait bela negara.

Dahnil juga menegaskan bahwa Prabowo memandang para pekerja migran sejatinya adalah para patriot bangsa, sebagai penyumbang devisa besar, sehingga perlu kiranya pekerja migran memiliki bekal yang cukup sebagai duta bangsa.

Selain itu, Kementerian Pertahanan juga berencana mengumpulkan para Youtuber dan influencer di media sosial membantu program bela negara. Kemenhan menilai para pesohor dapat mengaplikasikan bela negara kepada masyarakat secara luas.

Dengan begitu, kata dia, diharapkan pesan bela negara yang ingin disampaikan kepada masyarakat bisa diserap dengan baik jika melalui medium yang dipakai. (ant)