Pelni Logistic

Kastara.id, Jakarta – PT Pelni (Persero) memperkenalkan inovasi terbaru di layanan pengiriman kargo/kontainernnya dengan meluncurkan layanan pengiriman kargo/kontainer berbasis aplikasi di awal tahun 2018 ini.

“Untuk mempermudah pengiriman kargo/kontainer, kini para pemilik barang bisa mengunduh aplikasi Pelni Logistics di PlayStore untuk pengguna smartphone android, dan secepatnya akan tersedia di AppStore untuk smartphone Apple,” jelas Sekretaris Perusahaan PT Pelni Didik Dwi Prasetio (4/1).

Menurut Didik, dengan aplikasi ini, pemilik barang dapat melakukan pemesanan kontainer lebih cepat dan pasti.

“Aplikasi ini sangat mudah digunakan. Cukup memasukan jumlah kontainer yang ingin dipesan, kemudian akan tampil jadwal kapal yang tersedia serta biaya yang dibutuhkan. Di akhir pesanan, aplikasi secara otomatis mengirimkan kode pemesanan (booking) ke email pemesan untuk selanjutnya tinggal melakukan pembayaran melalui ATM. Cepat, efisien, dan transparan. Keunggulan lain yang diberikan aplikasi ini adalah pemilik barang dapat mencari tahu (tracking) posisi barangnya,” ujar Didik.

Aplikasi Pelni Logistics saat ini melayani tiga kapal dan 12 kota pelabuhan yang dilalui kapal penumpang Pelni. Jumlah tersebut akan terus bertambah, dengan target pada akhir April nanti menjangkau 26 kapal penumpang Pelni dan 96 kota pelabuhan yang dilaluinya.

Sebagai informasi, saat ini PT Pelni mengoperasikan tujuh kapal Tol Laut dengan total kapasitas angkut mencapai 1.505 TEUs. Selain itu Pelni juga mengoperasikan 26 kapal penumpang, yang beberapa diantaranya memiliki ruang muat kontainer dan reefer kontainer.

PT Pelni juga memiliki anak usaha, Pelni Logistics (PT Sarana Bandar Nasional) yang bergerak di bidang freight forwarding. Pemerintah juga mempercayai PT Pelni untuk mengoperasikan 46 kapal perintis dan satu unit kapal ternak. (mar)