USBN BKS

Kastara.ID, Jakarta – Wakil Ketua Komisi X DPR RI Reni Marlinawati menyambut positif pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Provinsi Jawa Timur yang berbasis pada komputer dan telepon pintar (smartphone). Ujian ini dikenal dengan nama USBN BKS.

“Kami menyambut positif terobosan yang dilakukan Provinsi Jawa Timur dengan pemanfaatan smartphone dalam kegiatan USBN BKS. Ini bisa menjadi role model bagi daerah lainnya,” ungkap Reni melalui rilis yang diterima Selasa (5/3).

Menurut Reni, sudah saatnya sektor pendidikan memanfaatkan kemajuan informasi teknologi untuk kemudahan, kecepatan dan peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. “Namun penggunaan layanan digital ini harus tetap dipastikan keamanan datanya, jangan ada kebocoran,” pesan Reni.

Lebih lanjut legislator F-PPP itu juga mengingatkan agar pelaksanaan USBN BKS dilakukan evaluasi untuk melihat kekurangan atau kelemahan dalam penyelenggaran di lapangan. “Tetap perlu ada evaluasi  yang bertujuan pelaksanaan di waktu-waktu mendatang agar lebih sempurna,” jelasnya.

Pelaksanaan USBN BKS yang diselenggarakan sejak 4 sampai 7 Maret 2019 diharapkan dapat melahirkan mekanisme yang baik dalam penentuan kelulusan SMA, SMK, dan Madrasah Aliyah (MA). (rya)