Gerai Pelayanan Publik Terpadu

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus berupaya memberikan kemudahan kepada warga dalam kepengurusan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) di ibukota.

Salah satunya dengan menambah titik pelayanan PKB dan pengesahan STNK bersama dengan Tim Pembina Samsat.

Sampai kini, terhitung sudah 12 gerai samsat yang terintegrasi dengan Gerai Pelayanan Publik Terpadu di Jakarta.

Terbaru, Gerai Pelayanan Publik Terpadu di ITC Cempaka Mas, Jalan Letjen Suprapto, Sumur Batu, Kemayoran, Jakarta Pusat yang beroperasi dari Senin hingga Jumat sejak pukul 10.00-14.00.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta, Lusiana Herawati mengatakan, Gerai Pelayanan Publik Terpadu ini hasil kolaborasi antara jajarannya dengan Tim Pembina Samsat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) serta Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta.

Lusi menjelaskan, penambahan gerai ini sebagai langkah perluasan pelayanan serta upaya peningkatan kemudahan bagi warga Jakarta dalam pelayanan administrasi kependudukan, pelayanan bidang perindustrian dan UMKM, kemudahan melakukan pembayaran PKB serta pengesahan STNK.

“Diharapkan dengan bertambahnya gerai ini, warga merasa mudah mengurus layanan,” ujarnya (4/4).

Menurut Lusi, disadari atau tidak, selama ini peran pajak sangat besar dalam membantu merealisasikan program pemerintah, tak terkecuali program Pemprov DKI Jakarta.

“Terlebih di era pandemi seperti saat ini. Pemerintah memerlukan anggaran yang tidak sedikit dalam menanggulangi penyebaran wabah COVID-19 serta pemulihan ekonomi di wilayah DKI,” katanya.

Daftar 12 gerai samsatdi Jakarta:
Jakarta Timur
1. Pusat Grosir Cililitan
2. AEON Mall
3. Jakarta Garden City
4. Grand Cakung
5. Tamini Square

Jakarta Selatan
6. Mall Metro Kebayoran
7. Blok M Square
8. Gandaria City

Jakarta Barat
9. Mall Taman Palem
10. Lippo Mall Puri

Jakarta Utara
11. Pluit Village
12. Pasar Pagi Mangga Dua. (hop)