Dermaga Muara Angke

Kastara.ID, Jakarta – Dermaga Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara, pada hari ketiga Idulfitri (4/5), dipadati penumpang yang hendak berlibur ke destinasi wisata Kepulauan Seribu.

Pengunjung yang memadati pelabuhan untuk diberangkatkan ke Kepulauan Seribu mayoritas adalah keluarga dan kelompok warga serta beberapa wisatawan individu.

Selain penumpang yang menunggu diberangkatkan, dermaga ini juga diramaikan penumpang yang baru turun dari kapal.

Herman (58) warga Tebet, Jakarta Selatan, yang baru turun dari KM Dolphin, mengaku baru saja menghabiskan waktu liburan di Pulau Pari bersama 10 anggota keluarganya.

“Kami berangkat kemarin pagi dan nginap sehari di Pulau Pari. Kami memilih ke pulau untuk ajak anak dan cucu merasakan naik kapal. Pulaunya juga bagus dan bersih,” ujarnya.

Banyaknya warga yang berwisata ke pulau membawa rezeki bagi ABK kapal. Salah satunya diungkapkan M. Amin, nakhoda KM Dolphin. Sejak libur hari pertama lebaran sampai hari ini, dia mengaku sudah mengangkut ratusan wisatawan.

Dia mengungkapkan, kapalnya berangkat dari Dermaga Muara Angke setiap hari pukul 08.00 WIB dan waktu tempuh ke pulau wisata sekitar dua jam.

Untuk sekali jalan, jelas Amin, kapalnya dapat mengangkut 150 hingga 200 penumpang. Untuk tiket satu penumpang sebesar Rp 60.000 untuk tujuan Pulau Pari.

“Alhamdulillah, Lebaran tahun ini penumpang yang wisata ke pulau banyak. Umumnya warga berwisata ke Pulau Pari, Harapan, Tidung, dan Pramuka,” ucapnya.

Menurut Amin, dalam sehari kapalnya hanya beroperasi sekali pulang-pergi.

“Sejak hari pertama Lebaran sampai hari ketiga ini, penumpang selalu penuh. Hasilnya lumayan,” ujarnya sambil tersenyum. (hop)