Kastara.ID, Jakarta – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bersama Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta, Selasa (5/7), mengadakan kegiatan donor darah dan layanan kesehatan.

Kegiatan yang dilaksanakan di Lobby Gedung Baru DPRD Provinsi DKI Jakarta ini dalam rangka memperingati Jakarta Hajat ke-495.

Anggota Dewan Komis A DPRD DKI Jakarta, Nasrullah, menyampaikan apresiasi kepada Ketua DPRD DKI Jakarta melalui Sekretariat Dewan yang mengadakan cek kesehatan dan donor darah secara berkala.

Menurutnya, kegiatan ini sangat penting untuk anggota dewan dan karyawan yang kesehariannya sibuk bekerja. Diharapkan kegiatan ini bisa dimanfaatkan warga lingkungan DPRD.

“Sangat bagus, karena kita harus memperhatikan kesehatan di tengah kesibukan kita. Jadi kita harus kontrol kesehatan jangan tunggu sakit baru berobat. Tadi saya diperiksa hipertensi, kolestrol, asam urat,” kata Nasrullah.

Nasrullah juga mengajak masyarakat yang kondisinya sehat dan tidak ada riwayat penyakit untuk bisa ikut donor darah. Karena setetes darah yang ada di dalam tubuh kita sangat dibutuhkan orang banyak.

Ketua PMI DKI Jakarta, Rustam Effendi menjelaskan, pihaknya menargetkan 150 hingga 200 kantong darah bisa dikumpulkan dalam giat hari ini. Sasaran pendonor hari ini anggota dewan, PNS, hingga PJLP di lingkungan DPRD DKI Jakarta.

Menurutnya, kegiatan ini untuk menjaga stok darah di Jakarta yang setiap harinya memerlukan 1.200 kantong darah.

“Ini merupakan kegiatan yang positif, kami dari PMI DKI Jakarta mengucapkan terima kasih karena kegiatan ini sangat diperlukan,” katanya.

Kepala Subbagian Humas DPRD, Tri Indra Gunawan berharap, kegiatan ini bisa rutin dilakukan dan terus ditingkatkan. Karena, selain bermanfaat bagi orang lain juga berguna untuk kesehatan diri sendiri.

“Kegiatan donor darah ini mendorong kita untuk menjaga kesehatan. Karena untuk bisa donor, kondisi kita harus sehat,” tandasnya. (hop)