Kastara.ID, Jakarta – Sebanyak 40 kilogram sayuran berhasil dipanen dari halaman area docking kapal di Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan. Puluhan sayuran ini kemudian dibagikan untuk warga dan PJLP.

Kepala Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Kepulauan Seribu, Devi Lidya mengatakan, hasil panen dari lahan seluas sekitar 100 meter persegi ini berupa 17 kilogram Kale dan 23 kilogram Pakcoy.

“Alhamdulillah, kita bisa panen sebanyak 40 kilogram sayuran Kale dan Pakcoy. Semoga panen ini bisa kita lakukan secara rutin,” ujar Devi, Sabtu (5/8).

Devi menjelaskan, di lahan ini pihaknya menanam berbagai jenis sayur-sayuran seperti Kangkung, Pakcoy, Cabai, Tomat, dan Terong. Sayuran ini ditanam dengan cara hidroponik dan konvensional atau media tanah

“Hasil panen ini kita bagikan kepada 40 warga dan juga petugas PJLP yang telah merawat kebun ini. Masing-masing mendapat setengah kilo Kale dan Pakcoy. Semoga ke depan lahan ini dapat membantu memenuhi kebutuhan sayuran warga,” beber Devi.

Mahiar (42) warga RW 01 Pulau Untung Jawa, menyampaikan terima kasih telah mendapat sayur-sayuran secara gratis. Menurutnya pembagian sayur ini bukan yang pertama, sudah dilakukan sejak pandemi lalu.

“Semoga bantuan ini dapat menjadi stimulus ketahanan pangan keluarga, khususnya sangat bermanfaat bagi Ibu hamil, Ibu menyusui, dan Balita,” pungkasnya. (hop)