Bank DKI

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Pendidikan dan PT Bank DKI sepakat menjalin kerja sama guna meningkatkan inklusi keuangan peserta didik melalui literasi keuangan.

Kesepakatan yang tertuang dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) ditandatangani Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana dan Direktur Direktur Kredit UMK dan Usaha Syariah Bank DKI Babay Parid Wazdi. Penandatangan ini disaksikan Asisten Perekonomian dan Keuangan Setda Provinsi DKI Jakarta, Sri Haryati di Balai Kota (4/9).

Asisten Perekonomian dan Keuangan Setda Provinsi DKI Jakarta Sri Haryati mengatakan, perjanjian antara Disdik dan PT Bank DKI ini sebagai landasan hukum dalam melakukan kerja sama program one student one account, serta mendukung program Pemprov DKI untuk penggunaan transportasi massal dan edukasi bank sampah.

“Kami berharap agar inklusi keuangan semakin massif dengan menyasar peserta didik di Ibu Kota,” ujar Sri Haryati.

Ia mengungkapkan, tiga program di antaranya fungsi keuangan, edukasi bank sampah dan penggunaan transportasi massal melalui JakLingko tercapai setelah PKS ditandatangani oleh Disdik dan PT Bank DKI.

“Selanjutnya tim Percepatan Akses Keuangan Daerah yang diketuai Sekretaris Daerah DKI Jakarta melakukan monitoring agar peningkatan inklusi keuangan cepat berjalan. Melalui keterlibatan perbankan, program dan bantuan yang disalurkan Pemprov DKI lebih mudah,” ungkapnya.

Direktur Kredit UMK dan Usaha Syariah Bank DKI Babay Parid Wazdi memaparkan, pihaknya menargetkan penambahan nasabah baru sebanyak 500 ribu peserta didik di Ibukota dalam program one student one account.

“Sementara peserta didik di Jakarta yang saat ini telah memiliki rekening bank sekitar 800 ribu dari total 1,5 juta siswa,” papar Babay.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana menambahkan, peserta didik mendapatkan berbagai manfaat dari program one student one account di antaranya pelestarian lingkungan, rajin menabung dan penggunaan transportasi massal.

“Kami akan melakukan sosialisasi sebagai tindaklanjut dari penandatangan perjanjian kerja sama ini,” tandasnya. (hop)