Desa Payak Kumang

Kastara.ID, Jakarta – Kepala Desa Payak Kumang, Kecamatan Delta Pawan, Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat, Hadi Supriatman mengatakan novasi kami adalah memiliki Bumdes dengan enam unit usaha yaitu Pasar Desa, air mineral, tv kabel, dan penggemukan sapi.

Inovasi pelayanan yaitu membuat sistem informasi melalui pemasangan videotron di jalan. “Videotron tersebut selain sebagai tapal batas, kami gunakan juga sebagai pusat informasi berbagai kegiatan yang ada di desa. Termasuk informasi tentang anggaran dana desa bisa dilihat di videotron tersebut,” paparnya.

Sedangkan untuk  program pemberdayaan masyarakat meliputi Bantuan Langsung Tunai, Ketahanan Pangan, dan bantuan kepada peternak sapi.

Sementara sumber pendapatan asli daerah (PAD) Desa Payak Kumang berasal dari usaha unit desa (Bumdes), anggaran dana desa kabupaten, dan dana desa dari APBN.

Hadi mengatakan dengan adanya lomba desa dirinya banyak mendapatkan pengalaman berharga untuk terus berinovasi kedepan. Selain itu, Hadi berharap perlunya dukungan dari pemerintah Kabupaten, Provinsi serta pemerintah pusat agar Desa Payak Kumang bisa terus maju dan berkembang.

Hadi  optimis bisa meraih juara dalam lomba Desa dan Kelurahan tingkat Regional tahun 2022 ini. (*)