Udang Vaname

Kastara.ID, Jakarta – Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Regional tahun 2022 dinilai dapat memberikan spirit dan semangat bagi kita semua, terutama untuk desa-desa dalam membangun desanya menjadi lebih baik.

Bupati Sukamara, Provinsi Kalimantan Tengah, Windu Subagio saat mendampingi Kades Sungai Damar, Kecamatan Pantai Lunci melakukan paparan program dan inovasi unggulan Desa Sukadamar sebagai calon juara lomba Desa dan Kelurahan tingkat regional yang digelar Dirjen Bina Pemerintahan Desa, Kementerian Dalam Negeri. Paparan tersebut disampaikan di Ruang Rapat Nawasena gedung C lantai II Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa, Kemendagri, Jalan Raya Pasar Minggu KM.19, Jakarta Selatan (5/9).

“Saya selaku Bupati Sukamara, mengucapkan terima kasih kepada Dirjen Bina Pemerintahan Desa yang telah menyelenggarakan lomba desa untuk itu, kami mengenali  banyak kekurangan kekurangan yang ada di desa, menjadi satu momentum bagi kami agar ke depannya menjadi lebih baik. lomba desa ini membangkitkan semangat untuk bisa lebih maju lagi,” katanya.

Bupati Sukamara menambahkan, Desa Sungai Damar terpilih menjadi salah satu peserta lomba Desa Kelurahan tingkat regional karena memiliki potensi dan unggulan berupa pengembangan budidaya udang vaname. “Pengembangan budidaya udang vaname dilakukan oleh unit usaha Bumdes,” tandasnya.

Udang vaname ini menjadi suatu isu strategis nasional untuk dikembangkan dan meningkatkan produksi sebanyak 250 persen dari produksi saat ini.

“Desa Sungai Damar memiliki kreativitas untuk meningkatkan produksi udang vaname,” Tahun 2022 sudah dilakukan panen perdana dengan hasil senilai Rp 303 juta sebagai pendapatan asli desa,” tutupnya. (*)