Kastara.ID, Motegi – HRC dengan resmi mengonfirmasi bahwa Repsol Honda dan Marc Marquez akan berpisah di akhir MotoGP musim 2023 ini.

Selanjutnya pada tahun 2024 mendatang, Marquez diperkirakan akan pindah ke tim satelit Gresini Racing. Di tim Italia itu dia akan menggunakan motor terkuat di grid, Ducati Desmosedici.

Sayangnya, Marquez harus datang seorang diri ke Gresini, tidak boleh membawa serta teknisinya, termasuk Santi Hernandez.

Hernandez telah menemani Marquez sejak awal karirnya di Grand Prix, larangan ini bisa berdampak besar pada Marquez nantinya.

Larangan ini atas dasar kekhawatiran pihak Ducati, mereka tak ingin mengambil risiko rahasia motor mereka terbuka, karena kemungkinan besar pada 2025 Marquez bisa beralih ke tim lain.

Marquez diperkirakan akan pindah ke KTM pada 2025 mendatang, tapi semuanya masih sebatas spekulasi.

“Marquez, pada usia 31 tahun, akan menghadapi tahap baru dalam karirnya tanpa keterlibatan kelompok orang yang telah menemaninya sejak hari-harinya di Moto2,” ungkap Oriol Puigdemont seperti dilansir Motorsport.com.

“Meskipun ada upaya untuk membawa serta teknisinya, Marquez akan mendarat di Gresini sendirian, setelah Ducati menunjukkan keengganannya untuk menunjukkan bagian dalam motor paling dominan saat ini kepada para insinyur yang pada tahun 2025 dapat bergabung dengan perusahaan pesaing mana pun,” imbuh Puigdemont.

Jika pengumuman perpisahan Marquez dan Honda telah resmi, pengumuman Marquez ke Gresini masih belum dikonfirmasi.

Bisa jadi pengumuman bakal dilakukan dalam waktu dekat ini, atau di Mandalika ketika MotoGP Indonesia berlangsung pada 13-15 Oktober mendatang. (tra)