Superbike

Kastara.ID, London – Honda Racing Corporation (HRC) telah resmi mengonfirmasi bahwa tim Repsol Honda MotoGP tidak akan bersama pembalap Spanyol, Marc Marquez lagi di MotoGP mulai 2024. Kerja sama antara HRC dan Marquez akan berakhir setahun lebih awal dari kontrak semua.

Belum diketahui siapa pembalap yang akan menggantikan pembalap Spanyol itu tahun depan.

Repsol Honda bukan tim sembarangan dan merupakan skuad papan atas yang telah mendominasi MotoGP selama bertahun-tahun dan telah menjadi sejarah besar di MotoGP.

Tentu ada banyak nama yang sempat muncul mulai dari Johann Zarco, Iker Lecuona, Maverick Vinales, Miguel Oliveira, dan bahkan mungkin Pedro Acosta.

Namun yang paling menarik adalah pembalap Superbike asal Turki, Toprak Razgatlıoglu. Toprak sebenarnya nyaris pindah ke MotoGP untuk musim depan sebagai pengganti pembalap Italia, Franco Morbidelli, di tim Monster Energy Yamaha.

Namun hak itu urung terjadi, yang kemudian Toprak memilih bertahan di Superbike dengan pindah ke pabrikan Jerman, BMW. Ide Toprak ke MotoGP dengan mengisi kekosongan di tim Repsol Honda menjadi menarik karena dia bukan dari Spanyol ataupun Italia, dua negara yang dominan di MotoGP.

Hal ini tentu akan membuat pasar MotoGP semakin luas, selaras dengan target Dorna Sports yang ingin memperkenalkan kembali MotoGP ke audiens yang lebih luas lagi.

Kepribadian Toprak yang unik dan berbeda dari kebanyakan pembalap bisa menjadi warna tersendiri bagi MotoGP dari sisi nilai jual dan media.

“Jika saya orang Repsol Honda saat ini, saya bertanya kepada BMW seberapa besar saya harus membayar agar Toprak keluar kontraknya,” ungkap pembawa acara olahraga asal Inggris, Matt Roberts, soal perpisahan Marquez dan Honda. (tra)