Setu Babakan

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta merevitalisasi Zona A dan C Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan di Jagakarsa, Jakarta Selatan, tahun ini. Revitalisasi tersebut ditargetkan selesai Desember 2019.

Kepala Bidang Seni Budaya Disparbud DKI Jakarta Gumilar Ekalaya mengatakan, untuk Zona A dilakukan pembangunan Rumah Kebaya dengan progres pembangunan saat ini sudah sekitar 60 persen.

“Rumah Kebaya nantinya akan difungsikan sebagai kantor pengelola,” ujarnya, Senin (5/11).

Selain itu, sambungnya, di Zona A juga sedang dilakukan pembangunan lanjutan Gedung Serba Guna yang saat ini masih dalam tahap penyempurnaan.

“Peningkatan sarana dan prasarana di Zona A itu memang sangat diperlukan,” terangnya.

Gumilar menjelaskan, revitalisasi di Zona C meliputi pengembangan rumah replika Betawi yang berada di Pulau Tengah Danau Setu Babakan. Saat ini fokus pengerjaan lanskap dan mechanical electrical (ME).

“Replika rumah Betawi di Zona C akan dijadikan sebagai wisata edukasi yang dapat menambah pengetahuan dan wawasan masyarakat terkait sejarah dan perkembangan Betawi dari masa ke masa,” ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk progres pembangunan replika rumah Betawi saat ini progresnya sudah mencapai 90 persen. “Revitalisasi di Zona A dan Zona C ditargetkan selesai bulan depan,” tandasnya. (hop)