Rasmiya AwadIBTimes India

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Turki klaim telah berhasil tangkap Rasmiya Awad (65), yang merupakan saudara perempuan mendiang Pemimpin Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), Abu Bakr al-Baghdadi (4/11).

Penangkapan Rasmiya Awad dilakukan melalui operasi pasukan Turki pada malam hari di tempat persembunyiannya di dekat Kota Azaz, Aleppo, Suriah. Dinyatakan bahwa Rasmiya Awad dan keluarganya tinggal di sebuah peti kemas bekas.

Kawasan itu dikuasai Turki setelah terlibat perang dengan milisi Kurdi dan kini mereka bekerja sama dengan milisi Penjaga Eufrat yang menguasai daerah itu.

Selain menangkap Awad, seorang pejabat Turki menerangkan bahwa pasukan operasi juga turut menangkap sang suami, menantu, dan lima orang anak atas tuduhan terlibat jaringan ISIS dan saat ini sedang sedang diinterogasi.

Sebelumnya diberitakan bahwa pasukan khusus gabungan dari Amerika Serikat dan Kurdi berhasil menggelar operasi militer untuk menangkap al-Baghdadi di Idlib. Namun dia dilaporkan tewas setelah memicu bom bunuh diri saat terdesak.

Meski demikian, salah satu saudara al-Baghdadi yang mempunyai nama alias Abu Hamza sampai saat ini belum tertangkap dan diduga memiliki informasi lebih banyak dari Awad.

Posisi yang ditinggalkan al-Baghdadi saat ini digantikan oleh Juru Bicara ISIS Abu Hamza al-Quraishi. ISIS menyatakan akan membalas dendam atas kematian al-Baghdadi. (har)