Robol galon Setaman (R.g.man)

Kastara.ID, Depok – Ketua RW 07 Kampung Rawageni, Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung, Sanusi, berhasil membuat robot dengan berbahan dasar barang bekas. Lewat robot ini, pihaknya ingin mengedukasi masyarakat, khususnya anak-anak terkait sampah yang masih bisa didaur ulang.

“Kami buat robot Robol galon Setaman (R.g.man) untuk mengedukasi anak-anak terkait limbah atau sampah yang masih bisa digunakan,” ujarnya, seperti dilansir laman resmi Pemkot Depok, Jumat (5/11).

Dikatakannya, ide ini muncul secara spontan ketika melihat limbah galon yang begitu banyak. Sebelumnya, limbah galon juga telah digunakan sebagai media tanam atau pot.

“Karena begitu banyak limbah galon, kami berinisiatif membuat robot dengan karakter R.g.man. Untuk bahan yang digunakan yaitu galon, botol, tutup panci dan limbah lainnya, dengan waktu pembuatan sekitar tujuh hari,” terangnya.

Sanusi mengaku, robot tersebut sudah ditawar warga di luar Depok seharga Rp 300 ribu. Namun, permintaan tersebut ditolak mengingat tujuan utama pembuatan robot ini untuk mengedukasi masyarakat terkait limbah.

“Mudah-mudahan dengan adanya robot ini, bisa menjadi contoh RT maupun wilayah lain agar bisa memanfaatkan sisa limbah atau sampah, menjadi barang yang berguna dan bermanfaat,” tutupnya. (dha)