PMI Kota Depok

Kastara.ID, Depok – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok Dudi Mi’raz mengaku, pihaknya siap menjalankan arahan dari PMI Pusat terkait kesiapsiagaan banjir dan longsor. Terdapat beberapa langkah yang dilakukan, salah satunya mengaktifkan Posko PMI.

“Untuk Posko PMI Kota Depok Alhamdulilah sangat aktif menerima laporan dan melakukan penanganan bencana maupun kecelakaan,” ujarnya di Balai Kota, seperti dilansir laman resmi Pemkot Depok (4/11).

Dikatakannya, PMI Pusat juga meminta PMI di wilayah kabupaten/kota untuk rutin memantau prakiraan cuaca berbasis dampak di https://signature.bmkg.go.id/. Termasuk memantau informasi tinggi muka air dan debit air di sekitar daerah aliran sungai.

“Arahan lainnya yaitu mengaktifkan komunikasi antar Posko PMI dan Posko Lembaga lain yang tergabung dalam komunitas sungai serta koordinasi dengan BPBD setempat dalam hal ini Dinas Pemadam dan Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan,” terangnya.

Dudi berharap, upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi bencana banjir dan longsor ini bisa meningkatkan kualitas para relawan. Terutama dalam memberikan respons pertama terkait banjir, banjir bandang, angin ribut, longsor dan lain sebagainya.

“Kami siap jika dibutuhan oleh masyarakat. Armada kami juga mumpuni untuk melakukan penanganan bencana. Kami juga minta masyarakat waspada terhadap cuaca buruk beberapa bulan ke depan,” tutupnya. (dha)