Satpol PP

Kastara.ID, Jakarta – Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Hadi Prabowo menjadi salah satu pembicara dalam Rapat Koordinasi Nasional Satpol PP, yang mengangkat tema: Penyelenggaraan ketenteraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat di daerah dalam rangka menghadapi agenda nasional Pileg dan Pilpres Tahun 2019, di di The Media Hotel and Towers Jakarta.

Sebagai orang yang sudah lama berkecimpung di daerah, Hadi mengingatkan Satpol PP harus jaga, kawal, dan patroli Pemilu 2019. “Jaga, kawal, dan patroli pelaksanaan pemilu 2019,” kata Hadi di hadapan ratusan peserta di Jakarta, Rabu (5/12).

Hadi menuturkan, sebagai salah satu mitra Polri, Satpol PP harus sigap. “Pengalaman saya di daerah, Satpol PP itu harus sigap,” ungkap Hadi.

Sigap yang pertama menurut Hadi yaitu “Jaga”. “Jaga tempat-tempat penyelenggaraan Pemilu, yaitu gudang penyimpanan logistik dan Tempat Pemungutan Suara (TPS),” tukas Hadi.

Sigap yang kedua adalah Kawal. “Kawal pelaksanaan mulai dari persiapan Pemilu, deteksi dini dan laporkan setiap gelagat yang mencurigakan,” tambah Hadi.

Sigap yang terakhir adalah Patroli. “Bersama dengan Polri melaksanakan antisipasi dan patroli di masa tenang, yaitu penertiban atribut peraga kampanye, antisipasi serangan fajar, dan antisipasi money politic,” jelas Hadi.

Dengan suara lantang, Hadi mengatakan bahwa Satpol PP harus menjadi pengayom masyarakat. “Satpol PP harus sigap dengan tiga fokus itu, Satpol PP harus menjadi pengayom masyarakat,” pungkas Hadi. (rya)