Kastara.ID, Jakarta – Pemprov DKI Jakarta terus bekerja keras untuk mengatasi dampak musim hujan di berbagai wilayah. Salah satunya di kawasan Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur, di mana jajaran Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta dan Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta bersinergi membersihkan lokasi pascagenangan.

“Ini adalah wujud tanggung jawab Pemprov DKI Jakarta dalam menanggulangi genangan dan banjir. Jajaran Dinas Gulkarmat bersiaga, mengatisipasi wilayah kelurahan yang berpotensi banjir, kemudian bersinergi dengan Dinas SDA dan perangkat daerah terkait untuk membantu warga agar genangan dan banjir segera surut, hingga memastikan lingkungan warga kembali bersih,” ujar Kepala Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta, Satriadi Gunawan, dalam Siaran Pers Pemprov DKI Jakarta, Selasa (5/12).

Berdasarkan data Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Timur, penyemprotan lumpur dan pembersihan lokasi pascagenangan dilakukan di Jalan Mutumanikam RT 03/11, Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, pada Senin (4/12). Hal ini sebagai tindak lanjut atas laporan yang menyebut adanya warga terjatuh akibat air dan lumpur yang menggenangi jalan.

Sebanyak tujuh personel dari Dinas Gulkarmat yang terdiri dari lima petugas pemadam dan dua personel Relawan Kebakaran (REDKAR), serta enam personel dari Dinas SDA turun langsung membersihkan lokasi bersama warga. Satu unit Light Pressure berkapasitas 2.500 liter digunakan untuk menyemprot lumpur. Penyemprotan berlangsung selama 2,5 jam, pada pukul 15.30-18.00 WIB.

“Kami menggunakan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta untuk melakukan pembersihan. Ini merupakan komitmen Pemadam Jakarta untuk selalu hadir di tengah masyarakat,” ungkap Satriadi.

Di samping itu, personel Satuan Tugas (Satgas) Gulkarmat Kelurahan Bidara Cina Bambang Sumitro menambahkan, penyemprotan jalan tersebut dilakukan sebagai upaya kesiapsiagaan dalam menghadapi musim hujan.

Ia juga menyampaikan, para personel Satgas Gulkarmat di tingkat kelurahan akan terus berupaya memberikan pelayanan di bidang kemanusiaan dan penyelamatan kepada masyarakat.

“Mudah-mudahan, kegiatan ini dapat bermanfaat untuk masyarakat,” tandasnya. (hop)